Sabtu, 14 Mei 2011

Al-Qur`an dan Hadist 6

Dari Aisyah RA berkata: "Adalah Rasulullah SAW apabila beliau memasuki 10 hari terakhir (Romadhon), maka beliau mengencangkan kainnya (menjauhi istrinya), menghidupkan malamnya, dan membangunkan para istrinya." (HR. Bukhori: 2024, HR.Muslim:1174). - Nabi SAW bersabda: "Carilah Lailatul Qodr pada 10 hari terakhir bulan Romadhon." (HR.Bukhori:2020, HR. Muslim:1169)
Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:“Berapa banyak orang yang berpuasa tetapi bagian atau balasan dari puasanya adalah lapar dan haus saja, dan betapa banyak orang yang shalat malam (tarawih) tetapi bagian atau balasan dari shalatnya hanyalah capai dan kantuk saja”(HR.Ibnu Majah, ad-Darimi, Ahmad, al-Baihaqi dengan sanad shahih)
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Sesungguhnya ucapan orang-orang yang beriman itu ketika diseru untuk patuh kepada Allah dan rasul-Nya agar rasul itu memutuskan perkara di antara mereka maka jawaban mereka hanyalah, ‘Kami dengar dan kami taati’. Hanya mereka itulah orang-orang yang beruntung.” (QS. An-Nur: 51)
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: "Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala." (QS. Fathir: 6).
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Sesungguhnya Allah mencatat setiap amal kebaikan dan amal keburukan.” Kemudian Rasulullah menjelaskan: “Orang yang meniatkan sebuah kebaikan, namun tidak mengamalkannya, Allah mencatat baginya satu pahala kebaikan sempurna. Orang yg meniatkan sebuah kebaikan, lalu mengamalkannya, Allah mencatat pahala baginya 10 sampai 700 kali lipat banyaknya.” (HR.Muslim no.1955)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: "Tangan yang di atas lebih baik dari tangan yang di bawah. Tangan di atas adalah orang yang memberi dan tangan yang dibawah adalah orang yang meminta.” (HR. Bukhari no.1429, Muslim no.1033)
Dari Amr bin ‘Ash radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Perbedaan antara puasa kita (umat Islam) dan puasa ahlul kitab terletak pada makan sahur.” (HR. Muslim)
Nabi SAW saat pulang dr haji wada’,beliau bertanya kpd Ummu Sinan, ‘Apa yg menghalangimu utk haji bersamaku?’ Jawabnya, ‘Abu fulan (suaminya) dia punya 2ekor unta, yg satu ia jual utk dana haji dia, & yg satu lagi kami gunakan utk menyiram tanaman.’ Mk Nabi SAW berkata, ‘Apabila telah dtg bulan Ramadan maka lakukanlah umrah, krn umrah di bulan Ramadan menyamai haji, atau telah haji bersamaku.” (HR. Al-Bukhari-Muslim)
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW:“Apabila seorang di antara kalian mendatangi tempat tidurnya,mk hendaklah ia mengambil ujung sarungnya,kmdn dia bersihkan kasurnya dgnnya, & hendaklah ia mengucap bismillah, krn sesungguhnya dia tdk tahu apa yg tjd setelahnya di atas tempat tidurnya. Dan apabila hendak berbaring, mk hendaklah ia berbaring di atas bagian tubuhnya sebelah kanan. (HR.Bukhari hal.6320, Muslim hal.22714)
Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “(Pembatas) antara seorang muslim dan kesyirikan serta kekafiran adalah meninggalkan shalat.” (HR. Muslim no. 257)
Dari Anas r.a. ,Rasulullah saw. bersabda, “Bersahurlah ; karena di dalam santap sahur itu terdpt barakah.” (Muttafaqun ‘alaih:Fathul Bari IV:139 no:139 no:1923, Muslim II:770 no:1095, Tirmidzi II:106 no:703, Nasa’i IV:141 & Ibnu Majah I:540 no:1690). Dari Abdullah bin Amr r.a. ,Rasulullah saw. bersabda, “Bersahurlah, walaupun sekedar setegukan. “(Shahih:Sahihul Jami’us no:2945 & Sahih Ibnu Hibban VIII:224 no:884).
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda (yang artinya) : “Tidaklah seorang hamba yang puasa di jalan Allah kecuali akan Allah jauhkan dia (karena puasanya) dari neraka sejauh tujuh puluh musim” [Hadits Riwayat Bukhari 6/35, Muslim 1153 dari Abu Sa'id Al-Khudry, ini adalah lafadz Muslim. Sabda Rasulullah : "70 musim" yakni : perjalanan 70 tahun, demikian dikatakan dalam Fathul Bari 6/48].
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: "Mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang apa yang mereka infakkan. Jawablah, "Harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu bapakmu, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan. Dan apa saja kebajikan yang kamu perbuat sesungguhnya Allah Maha Mengetahui" [Al-Baqarah : 215]
Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: “Dan tidaklah patut bagi mukmin dan tidak (pula) bagi mukminah, apabila Allah dan rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, kemudian mereka mempunyai pilihan (yang lain) tentang urusan mereka, dan barangsiapa mendurhakai Allah dan rasul-Nya. Maka sungguhlah dia telah sesat, dengan kesesatan yang nyata.” (Qs. Al-Ahzab: 36)
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. berkata, "Rasulullah saw. bersabda, ‘Apabila shalat telah ditegakkan, maka janganlah kalian mendatanginya dengan tergesa-gesa, namun datangilah dengan berjalan dan hendaklah kalian menjaga ketenangan. Ikutilah raka'at yang dapat kamu ikuti dan sempurnakanlah raka'at yang tertinggal’," (HR Bukhari [908] dan Muslim [602]).
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh terdapat segumpal daging. Apabila ia baik, akan baiklah seluruh anggota tubuh. Dan apabila ia rusak, rusaklah seluruh anggota tubuh. Ketahuilah, bahwa segumpal daging itu adalah jantung.” (HR. Bukhari [52] dan Muslim [1599] dari sahabat An-Nu’man bin Basyir radhiyallahu’anhuma)
Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW: "Bagaimana menurut kalian kalau seandainya ada sebuah sungai di depan pintu rumah kalian & dia mandi di sana sehari 5 kali. Apakah masih ada sisa kotoran yg ditinggalkan olehnya?” Para sahabat menjawab, “Tentu saja tdk ada lagi kotoran yg masih ditingalkan olehnya.” Maka beliau bersabda, “Dmkian itulah perumpamaan shalat 5 waktu dpt menghapuskan dosa2.” (HR. Bukhari[528],Muslim[667])
Dari Abu Hurairah ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Telah dtg kpd kalian bln suci Ramadhan,bln yg penuh berkah,Allah SWT telah mewajibkan kalian berpuasa Ramadhan, Pada bln ini pintu2 langit dibuka & pintu2 jahannam ditutup, tangan2 syetan dibelenggu,& di dlmnya terdapat satu malam yg lebih baik drpd seribu bln, mk barangsiapa yg dijauhkan (diharamkan) dari kebaikannya, mk benar2 telah dijauhkan." (HR. an-Nasa'i)
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam merupakan orang yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan sekali di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari dan Muslim)
Dari Abu Huroiroh rodhiyallohu ‘anhu beliau berkata: Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda, “Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada di tangan-Nya sungguh bau mulut orang yang sedang puasa itu lebih harum di sisi Alloh pada hari kiamat daripada bau minyak kasturi.” (Muttafaq ‘alaih)
Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Apabila seorang diantara kamu berpuasa, maka janganlah mengeluarkan perkataan kotor, jangan berteriak-teriak dan jangan pula melakukan perbuatan jahiliyah; jika ia dicela atau disakiti oleh orang lain, maka katakan, “Sesungguhnya aku sedang berpuasa,” (Muttafaqun ‘alaih: Fathul Bari IV:118 no:1904, Muslim II:807 no:163 dan 1151, dan Nasa’i IV:163)
Sesungguhnya kemuliaan Islam ini akan ternoda tatkala orang yang bukan ahlinya berbicara tentang sesuatu yang menyangkut ajaran agama. Tidakkah kita ingat firman Allah ta’ala, Allah berfirman : “Janganlah kamu mengikuti apa-apa yang kamu tidak memiliki ilmu tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, itu semua pasti akan dimintai pertanggungjawabannya.” (Qs. al-Isra’: 36)
(Pintu khusus di surga bagi orang yg berpuasa) Dari Sahl bin Sa’ad RA beliau berkata: Nabi SAW bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga tdpt sebuah pintu yg disebut Ar Royyaan, pada hari kiamat orang-orang yg berpuasa masuk melalui pintu itu, tidak seorangpun yg masuk selain mereka. Apabila mereka telah masuk maka pintu itu ditutup dan tidak ada lagi orang yg masuk melewatinya.” (Muttafaq ‘alaih)
Diriwayatkan dari Abu Thalhah r.a, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, "Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar," (HR Bukhari [5949] dan Muslim [2106]). Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, "Rasulullah saw. bersabda, 'Malaikat tidak akan memasuki rumah yang di dalamnya terdapat patung atau gambar'," (HR Muslim [2112]).
Firman Allah: "Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah ia, dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah, dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah sangat keras hukuman-Nya." (QS. Al-Hasyr: 7)
Rasulullah SAW bersabda, "Allah melaknat wanita-wanita yang mentato dan yang meminta untuk ditatokan, yang mencukur (menipiskan) alis dan yang meminta dicukur, yang mengikir gigi supaya kelihatan cantik dan merubah ciptaan Allah." (H.R Muslim No:3966)
 
Firman Allah: "Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi." (QS Ali Imran:85)
Firman Allah: "Sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka jadikanlah ia musuh(mu), karena sesungguhnya setan-setan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala." (QS. Fathir [35]:6)
Hadis riwayat Abu Hurairah ra.: Bahwa Rasulullah saw. bersabda: Tidak akan terjadi hari kiamat kecuali setelah banyak peristiwa haraj. Mereka bertanya: Wahai Rasulullah, apakah haraj itu? Beliau menjawab: Pembunuhan, pembunuhan. (Shahih Muslim No.5143)
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, "Wahai kaum wanita muslimah janganlah sebuah keluarga menganggap remeh pemberian tetangganya walaupun hanya diberi kaki kambing," (HR Bukhari [6017] dan Muslim [1030]).
Nabi Sholallahu Alaihi Wassalam bersabda : “Barang siapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari jum’at, akan bersinar untuknya cahaya antara dua jum’at” (HR Al Hakim dalam mustadroknya 2/367 dan HR Baihaqi dalam sunan kubra 3/249)
Rasulullah SAW bersabda: "Setiap anak dilahirkan dalam keadaan fithrah (Islam), maka kedua orangtua-nyalah yang membuat anak itu menjadi Yahudi, Nasrani, atau Majusi." (HR. Muslim No. 2047)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Sesungguhnya Allah tidak menjadikan kesembuhan/obat (dari penyakit) kalian dari sesuatu yang haram”. (HR Ibnu Hibban, HR. Al-Baihaqi)
Rasulullah SAW bersabda, "Allah melaknat wanita-wanita yang mentato dan yang meminta untuk ditatokan, yang mencukur (menipiskan) alis dan yang meminta dicukur, yang mengikir gigi supaya kelihatan cantik dan merubah ciptaan Allah." (H.R Muslim No:3966)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar