Sabtu, 14 Mei 2011

Al-Qur`an dan Hadist 4

Allah Subhanahu wata’ala berfirman,“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api Neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah Subhanahu wata’ala terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (At Tahrim: 6)
Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda:"Apabila terdpt tiga orang, maka janganlah dua orang (di antara mereka) berbisik-bisik tanpa menyertakan yg lain." (HR Muslim-4052); Dari Abdullah bin Masud RA, Rasulullah SAW bersabda:"Apabila kalian bertiga orang, maka janganlah dua orang berbisik-bisik tanpa menyertakan seorang yg lain shg kamu dpt bergaul dgn manusia, krn dpt membuatnya sedih."(HR-Muslim-4053)
 
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,"Harta yg paling baik adalah lisan yg selalu berdzikir, hati yg selalu bersyukur dan istri shalihah yg membantu seorang mukmin atas keimanannya." (Hadist Hasan, HR-Tirmidzi 3094; Ibnu Majah 1856 lihat Misbah az-Zujajah 2/96)
Dari Mu'adz bin Jabal Radhiyallahu 'anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Takutlah kepada doa orang-orang yang teraniyaya, sebab tidak ada hijab antaranya dengan Allah (untuk mengabulkan)". [Shahih Muslim, kitab Iman 1/37-38]
Dari Abu Hurairah radliyallaahu 'anhu, bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidak satu hari pun dimana pagi harinya seorang hamba ada padanya kecuali 2 malaikat turun kepadanya, salah satu diantara keduanya berkata, 'Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.' Dan lainnya berkata, 'Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang pelit.'" (Shahih Bukhari no. 1442 dan Shahih Muslim no. 1010)
Allah subhanahu wata’ala berfirman: “Hai anak Adam, pakailah pakaian kalian yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Al-Araaf: 31)
Hadis riwayat Abu Hurairah ra., ia berkata:
Rasulullah saw. bersabda: Allah
menciptakan Adam dalam bentuknya setinggi enam puluh hasta. Setelah
menciptakannya, Allah berkata: Pergilah dan ucapkanlah salam kepada kelompok
itu, yaitu beberapa malaikat yang sedang duduk, dan dengarkanlah apakah jawaban
mereka karena itulah ucapan selamat untukmu dan keturunanmu. Maka Adam pergi
menghampiri lalu mengucapkan: "Semoga keselamatan menyertai kalian". Mereka
menjawab: "Semoga keselamatan dan rahmat Allah menyertai kalian". Mereka
menambahkan "rahmat Allah". Maka setiap orang yang memasuki surga itu seperti
bentuk Adam yang tingginya enam puluh hasta. Seluruh makhluk setelah Adam terus
berkurang tingginya sampai sekarang. (Shahih Muslim No.5075)
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a, bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, "Barangsiapa mengintip rumah suatu kaum tanpa izin mereka, berarti telah halal bagi mereka untuk mencungkil mata orang tersebut," (HR Bukhari [6888] dan Muslim [2158]).
Allah subhanahu wata’ala berfirman: "Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah[394], daging babi,
(daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang
terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, dan diterkam binatang buas, kecuali yang
sempat kamu menyembelihnya[395], dan (diharamkan bagimu) yang
disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak
panah[396], (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah
kefasikan. Pada hari ini[397] orang-orang kafir telah putus
asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka
dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu,
dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi
agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa[398] karena kelaparan
tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha
Penyayang." (QS.Al Maa'idah:3)
Allah subhanahu wata’ala berfirman: "Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS.Al Maa'idah :38)
Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah SAW bersabda: Orang2 yg melukis gambar-gambar akan disiksa pada hari kiamat, kpd mereka difirmankan: Hidupkan apa yg telah kalian ciptakan. (Shahih Muslim No.3942); Dari Ibnu Abbas RA,Rasulullah SAW bersabda: Setiap tukang gambar itu akan masuk neraka. Allah akan menjadikan baginya dgn setiap gambar yg ia buat sesosok jiwa yg akan menyiksanya di neraka Jahanam. (Shahih Muslim No.3945)
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda kepada Abdurrahman bin Samurah radhiallahu ‘anhu: “Janganlah engkau (berambisi) mencari kepemimpinan, karena sesungguhnya hal itu adalah kehinaan dan penyesalan pada hari kiamat nanti.” (hadits shahih riwayat imam al-Bukhari (no. 6248) dan Muslim (no. 1652), dan riwayat Muslim (no. 1825))
Allah subhanahu wata’ala berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah[434], adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. " (QS.Al-Maa'idah 90)
Nabi SAW:“Permisalan org yg mbaca Qur’an & mengamalkannya adlh bagaikan buah utrujah, rasa & baunya enak. Org mukmin yg tdk membaca Qur’an & mengamalkannya adlh bagaikan buah kurma, rasanya enak namun tdk beraroma. Org munafik yg mbaca Qur’an adlh bagaikan royhanah, baunya menyenangkan namun rasanya pahit. Dan org munafik yg tidak membaca Qur’an bagaikan hanzholah, rasa & baunya pahit & tidak enak.”(HR Bukhari-5059)
Hewan yang diperintahkan agama supaya dibunuh - Dari Aisyah radhiyallahu'anhuma berkata, Rasulullah shallallahu'alaihi wa sallam bersabda, "Lima hewan fasik yang hendaknya dibunuh, baik di tanah halal maupun di tanah haram, yaitu ular, gagak, tikus, anjing hitam." (HR. Muslim 1190)
Diriwayatkan dari Ummu Salamah, bahwasanya Nabi saw. bersabda, "Apabila telah masuk sepuluh hari Dzulhijjah sementara ada diantara kalian yang ingin berkurban maka janganlah ia memotong rambut dan permukaan kulitnya (bulu) sedikitpun," (HR Muslim [1977])
Dr Abu Hurairah RA, Nabi SAW: "Barangsiapa mnjual kulit hewan kurbannya maka tdk ada kurban utknya"(Hasan,HR al-Hakim [II/390]). Dr Qatadah bin an-Nuaim RA, Nabi SAW: "Jgnlah kalian jual daging kurban haji & daging kurban Idul Adha. Makanlah, sedekahkanlah & manfaatkan kulitnya tetap jgn kalian jual, jika kalian diberi sebagian dari daging kurban oleh orang lain maka makanlah jika kalian mau"(Hasan,HR Ahmad [IV/15]).
"Katakanlah, "Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?".Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman.” (QS. 9:65-66)
Dari Ibnu Umar RA, Nabi SAW bersabda,“Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.” (HR. Muslim no. 623) ; Dari Abu Huroiroh, Nabi SAW bersabda,"Pendekkanlah kumis dan biarkanlah (perihalah) jenggot dan selisilah Majusi.” (HR. Muslim no. 626) ; Dari Ibnu Umar RA, Nabi bersabda,“Selisilah orang-orang musyrik. Biarkanlah jenggot dan pendekkanlah kumis.” (HR. Bukhari no. 5892)
Dari Abu Musa Al-Asy'ari RA bahwa Rasulullah SAW bersabda,"Sesungguhnya perumpamaan teman shalih dengan teman buruk laksana penjual minyak wangi dan pandai besi; penjual minyak akan memberi olesan minyak kepadamu, atau kamu membeli dari-nya atau mendapati aromanya. Sementara pandai besi terkadang membakar pakaianmu atau kamu mendapati bau yang anyir." (Muttafaq'alaih: Bukhari 9/569; Muslim 2628)
Nabi SAW bersabda, "Jika adzan dikumandangkan untuk shalat maka setan menyingkir sambil mengeluarkan suara kentut hingga tidak mendengar suara adzan," (HR.Bukhari 608, 3385; Muslim 389)
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah kalian masuk surga hingga kalian beriman dan kalian tidak beriman hingga kalian saling mencintai. Dan maukah kalian aku tunjukkan kepada sesuatu bila kalian mengerjakannya maka kalian akan saling mencintai? Tebarkan salam di antara kalian." (HR. Muslim, 54)
Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila seorang laki-laki mengajak istrinya ke tempat tidur lalu ia menolak sehingga suami murka kepadanya maka para malaikat melaknatnya hingga pagi." (Muttafaq 'alaihi, lafazh dari Al-Bukhari 3237, 5193; Muslim 1436 lafazhnya,"Maka penghuni langit akan murka kepadanya sampai suaminya ridho")
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar