Minggu, 17 April 2011

Al-Qur`an dan Hadist 1

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: "Barangsiapa diberi beban oleh Allah untuk memimpin rakyatnya lalu mati dalam keadaan menipu rakyat, niscaya Allah mengharamkan Surga atasnya." (HR. Muslim No. 203, 3409)
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ada seseorang di antara umat sebelum kalian, menderita luka-luka tapi dia tidak sabar lalu dia mengambill sebilah pisau kemudian memotong tangannya yg mengakibatkan darah mengalir dan tidak berhenti hingga akhirnya dia meninggal dunia. Lalu Allah Ta'ala berfirman: "Hamba-Ku mendahului Aku dengan membunuh dirinya maka AKU haramkan baginya surga". (HR. Bukhari No.3204)
Allah subhanahu wata'ala berfirman: "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan." (QS. Al-Imran [3] :185)
Dari Abu Umamah bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa mengambil hak seorang muslim dengan sumpahnya, maka Allah mewajibkan neraka untuknya, dan mengharamkan surga atasnya." Maka seorang laki-laki bertanya, "Wahai Rasulullah, meskipun itu sesuatu yang sepele?" Beliau menjawab: "Meskipun itu hanya kayu siwak." (HR Muslim No. 196)
Dari Abu Musa radhiallahu 'anhuma, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Sesungguhnya seorang mukmin dgn mukmin lainnya seperti satu bangunan yang saling menguatkan satu sama lain." kemudian beliau menganyam jari jemarinya. (HR.Bukhari No. 459; 2266; 5567; HR. Muslim No. 4684)
"Dan orang-orang yang memelihara sholatnya. Mereka itu dimuliakan di dalam Surga." (QS. Al-Ma'arij [70]: 34-35) --><-- "Apakah yang membuat kalian masuk ke dalam Neraka Saqar?' Mereka menjawab; '(Karena) kami dulu tidak termasuk orang-orang yang mendirikan shalat.'" (QS. Al-Muddatstsir [74] : 42-43)
 
Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (bahwa beliau bersabda): "Syetan akan mengikat tengkuk salah seorang dari kalian saat ia tidur dengan tiga ikatan. Dengan setiap ikatan ia akan membisikkan padamu bahwa malam masih panjang. Jika ia terbangun lalu berdzikir kepada Allah, lepaslah satu ikatan, jika ia berwudlu maka lepaslah dua ikatan. Dan jika ia melanjutkan dengan shalat, maka lepaslah seluruh ikatan itu, sehingga pada pagi harinya ia mulai dengan penuh kesemangatan dan jiwanya pun sehat. Namun jika tidak, maka dia akan memasuki waktu pagi dengan jiwa yang keji dan penuh kemalasan." (HR. Muslim No. 1295
Dari Abu Hurairah,Rasulullah SAW bersabda: "Barangsiapa bertasbih kpd Allah sehabis shalat sebanyak 33X, dan bertahmid kpd Allah 33X, dan bertakbir kpd Allah 33X, hingga semuanya berjumlah 99, dan kesempurnaan 100 adlh membaca Laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, lahul mulku walahul walahul hamdu wahuwa 'alaa kulli syai'in qadiir, maka kesalahan2nya akan diampuni walau sebnyak buih di lautan"(HR.Muslim 939)
Allah subhanahu wata'ala berfirman: "Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapak, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri.” (QS. An-Nisaa:36)
Allah subhanahu wata'ala berfirman: "Barangsiapa yang mengerjakan amal sholeh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan." (QS An-Nahl [16]: 97)
Dari Aisyah radhiallahu 'anha bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pernah ditanya, "Amal yang bagaimanakah yang paling dicintai oleh Allah?" Aisyah menjawab, "Amalan yang dikerjakan secara kontinyu meskipun sedikit.'" (HR Muslim No.1303)
Dari Abu Hurairah dia berkata, "Seorang laki-laki mendatangi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam seraya berkata, 'Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika ada seorang lelaki yang ingin merampas harta bendaku? ' Beliau menjawab: 'Jangan kamu berikan hartamu kepadanya! ' Laki-laki itu bertanya lagi, 'Lalu bagaimana jika dia hendak membunuhku? ' Beliau menjawab: 'Bunuhlah dia! ' Laki-laki itu bertanya lagi, 'Lalu bagaimana pendapatmu kalau dia berhasil membunuhku? ' Beliau menjawab: 'Maka kamu syahid'. Dia bertanya lagi, 'Bagaimana pendapatmu jika aku yang berhasil membunuhnya? ' Beliau menjawab: 'Dia yang akan masuk ke dalam api neraka'." (HR. Muslim No. 201)
Dari Anas bin Malik radhiallahu 'anhuma dia berkata; Rasulullah Shallallahu'alaihi wa Sallam bersabda: "Diantara tanda-tanda terjadinya hari kiamat yaitu: diangkatnya ilmu, kebodohan merajalela, banyaknya orang yang meminum minuman keras, dan zina dilakukan dengan terang-terangan." (HR. Muslim No. 4824)
Rasulullah SAW bersabda: "Ada lima kunci ghaib yg tdk diketahui seorgpun kecuali Allah; tidak seorgpun yg mengetahui apa yg akan terjadi esok hari, dan tidak seorgpun yg mengetahui apa yg tersembunyi dalam rahim, dan tak satu jiwa pun yg tahu apa yg akan diperbuatnya esok, dan tak satu jiwa pun yg tahu di bumi mana dia akan mati serta tidak seorgpun yg mengetahui kapan turunnya hujan." (HR.Bukhari No.981)
Allah ta’ala
berfirman: "Sesungguhnya orang-orang yang menukar
janji (nya dengan) Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang
sedikit, mereka itu tidak mendapat bahagian (pahala) di akhirat, dan
Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat
kepada mereka pada hari kiamat dan tidak (pula) akan mensucikan mereka.
Bagi mereka azab yang pedih." (QS. Ali Imran:77 )
Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhuma dia berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa membunuh dirinya dengan sepotong besi, maka dengan besi yang tergenggam di tangannya itulah dia akan menikam perutnya dalam Neraka Jahanam secara terus-terusan dan dia akan dikekalkan di dalam Neraka. Barangsiapa membunuh dirinya dengan meminum racun maka dia akan merasai racun itu dalam Neraka Jahanam secara terus-terusan dan dia akan dikekalkan di dalam Neraka tersebut untuk selama-lamanya. Begitu juga, barangsiapa membunuh dirinya dengan terjun dari puncak gunung, maka dia akan terjun ke dalam Neraka Jahanam secara terus-terusan untuk membunuh dirinya dan dia akan dikekalkan dalam Neraka tersebut untuk selama-lamanya."

(HR. Muslim Kitab : Iman, Bab : Haramnya bunuh diri, dan bahwa barangsiapa membunuh dirinya dengan sesuatu No. Hadist : 158)
Dari Abdullah bin Mas'ud radhiallahu 'anhuma dia berkata, "Saya bertanya, 'Wahai Nabi Allah, amal apakah yang paling dekat kepada surga? ' Beliau menjawab: 'Shalat pada waktunya.' Aku bertanya lagi, 'Dan apalagi wahai Nabi Allah? ' Beliau menjawab: 'Berbakti kepada kedua orang tua.' Aku bertanya lagi, 'Dan apa wahai Nabi Allah? ' Beliau menjawab: 'Jihad di jalan Allah'. (HR. MUSLIM Kitab Iman No.121)
Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhuma bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Segeralah beramal sebelum datangnya fitnah seperti malam yang gelap gulita. Di pagi hari seorang laki-laki dalam keadaan mukmin, lalu kafir di sore harinya. Di sore hari seorang laki-laki dalam keadaan mukmin, lalu kafir dipagi harinya. Dia menjual agamanya dengan barang kenikmatan dunia." (HR. MUSLIM Kitab Iman No.169)
 
Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhuma dari nabi Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda: "Barangsiapa masuk surga, ia bersenang-senang dan tidak bersedih, pakaiannya tidak usang dan kemudaannya tidak lenyap." (HADIST MUSLIM NO - 5068)
Abdullah bin Umar radhiallahu 'anhuma berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak diperbolehkan hasad kecuali pada dua hal, yaitu; Seseorang yang diberi karunia Alquran oleh Allah sehingga ia membacanya (shalat dengannya) di pertengahan malam dan siang. Dan seseorang yang diberi karunia harta oleh Allah, sehingga ia menginfakkannya pada malam dan siang hari." (HR.Bukhari No.4637)
Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya kejujuran itu akan membimbing pd kebaikan. & kebaikan itu akan membimbing ke surga. Seseorg yg senantiasa berlaku jujur maka ia akan dicatat sbg org yg jujur. & sesungguhnya dusta itu akan mengantarkan pd kejahatan. & sesungguhnya kejahatan itu akan menggiring ke neraka. Seseorg yg memelihara kedustaan, maka ia akan dicatat sbg pendusta." (HR. Muslim-4719)
Dari Abdullah bin Mas'ud berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Qur`an), maka baginya satu pahala kebaikan dan satu pahala kebaikan akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kali, aku tidak mengatakan ALIF LAAM MIIM itu satu huruf, akan tetapi ALIF satu huruf, LAAM satu huruf dan MIIM satu huruf." (HR.Tirmidzi
No. Hadist : 2835)
Dari Abdullah bin 'Amru; Ada seseorang yang bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam; "Islam manakah yang paling baik?" Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menjawab: "Kamu memberi makan, mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan yang tidak kamu kenal". (HR Bukhari No.11 Kitab Iman)
UKHUWWAH ISLAMIYYAH :

Dari Abu Hamzah, Anas bin Mâlik Radhiyallahu 'anhu, dari Nabi
Shallallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: “Tidak sempurna iman
seseorang di antara kalian hingga ia mencintai untuk saudaranya segala
apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri berupa kebaikan”. [HR
al-Bukhâri dan Muslim].

(Hadits ini shahîh, diriwayatkan oleh: Al-Bukhâri (no. 13). Muslim (no. 45). Ahmad (III/176, 206, 251, 272, 289). At-Tirmidzi (no. 2515). Ibnu Majah (no. 66). An-Nasa`i (VIII/115).)
Dari Anas bin Malik dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Tiga perkara yg apabila ada pada diri seseorang, ia akan mendapatkan manisnya iman: Dijadikannya Allah dan Rasul-Nya lebih dicintainya dari selain keduanya. Jika ia mencintai seseorang, dia tidak mencintainya kecuali karena Allah. Dan dia benci kembali kepada kekufuran seperti dia benci bila dilempar ke neraka" (HR Bukhari No.15 Kitab Iman)
siapakah orang-orang yang telah Allah beri nikmat itu pada setiap surat Al-Fatihah yang selalu kita baca?

"Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) Jalan orang-orang yang telah Engkau beri ni'mat kepada mereka ... "

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, "Dan barangsiapa yang menta’ati Allah dan Rasul [Nya], mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi ni’mat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddiiqiin, orang-orang yang mati syahid (syuhada) dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya." (QS. An-Nisaa:69)
Dahsyatnya kesengsaraan neraka dan kenikmatan surga:

Dari Anas bin Malik berkata: Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Salam bersabda yang artinya: "Orang termewah sedunia yang termasuk penghuni neraka didatangkan pada hari kiamat lalu dicelupkan sekali ke neraka, setelah itu dikatakan padanya: 'Wahai anak cucu Adam, apa kau pernah melihat kebaikan sedikit pun, apa kau pernah merasakan kenikmatan sedikit pun? ' ia menjawab: 'Tidak, demi Allah, wahai Rabb.'

Kemudian orang paling sengsara didunia yang termasuk penghuni surga didatangkan kemudian ditempatkan di surga sebentar, setelah itu dikatakan padanya: 'Hai anak cucu Adam, apa kau pernah melihat kesengsaraan sedikit pun, apa kau pernah merasa sengsara sedikit pun? ' ia menjawab: 'Tidak, demi Allah, wahai Rabb, aku tidak pernah merasa sengsara sedikit pun dan aku tidak pernah melihat kesengsaraan pun'."
(HADIST MUSLIM NO - 5021)
Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, "Dan ingat juga, tatkala Rabb-mu memaklumkan, 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami aka menambah nikmat kepadamu, dan jika kamu mengingkari nimat-Ku, maka sesungguhnya adzab-Ku sangat pedih," (QS.Ibrahim: 7)
Dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu. dari Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda yang artinya, "Barang siapa meminjam harta orang lain dengan niat mengembalikannya niscaya Allah akan menolongnya untuk mengembalikannya. Dan barangsiapa meminjam harta orang lain untuk memusnahkannya niscaya Allah akan memusnahkannya," (HR Bukhari [2387]).
Allah ta’ala berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Dan peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir. Dan taatilah Allah dan rasul, supaya kamu diberi rahmat.” (QS. Ali Imran: 130-132)
Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiallahu’anhu, dari Nabi Shallallahu’alaihi wasallam bersabda yang artinya, "Rasulullah saw. melaknat penyuap dan penerima suap," (Shahih lighairihi, at-Tirmidzi [1336]).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar